01. Pengantar Filsafat Politik dan Ekonomi – Hans Betancourth

01. Pengantar Filsafat Politik dan Ekonomi – Hans Betancourth

Ini terjemahan dari kuliah Tamar Gendler Pengantar Filsafat Politik dan Ekonomi

Semua konten milik Dr. Gendler (1965), saya ambil dari situs BigThink pada September 2022. Semua kesalahan dalam terjemahan, ketidakakuratan, ambiguitas, salah tafsir, adalah milik saya (Dan penerjemah Google)

Nama saya Tamar Gendler. Saya seorang profesor filsafat dan ilmu kognitif dan ketua departemen filsafat di Universitas Yale.

Jadi, filsafat berasal dari istilah Yunani yang berarti cinta kebijaksanaan; tepi, cinta; sofia, kebijaksanaan. Setiap budaya sejak dahulu kala memiliki tradisi filosofis. Ada tradisi filosofis dalam budaya Barat yang berakar pada Yunani kuno. Ada tradisi filosofis dalam budaya Timur, tradisi filosofis Cina dan India yang hebat. Ada tradisi filosofis di Afrika. Tradisi filosofis ada dalam budaya asli di seluruh dunia. Filosofi apa yang dilakukan di setiap masyarakat yang menjadi bagiannya adalah untuk menanyakan mengapa, mengapa segala sesuatunya seperti itu? dan haruskah mereka seperti ini?

Tradisi filosofis Barat, di mana komentar saya hari ini akan dibatasi, dapat dibagi menjadi dua segmen utama. Di satu sisi memiliki komponen deskriptif, yang menanyakan bagaimana keadaan dan bagaimana kita mengetahuinya, dan di sisi lain memiliki komponen normatif, komponen yang menanyakan bagaimana seharusnya. Jadi, dalam kategori pertama jatuh pertanyaan seperti apa sifat dasar realitas, jika Tuhan ada, jika kita memiliki kehendak bebas. Cabang-cabang filsafat itu dikenal sebagai metafisika, pertanyaan mendasar tentang apa yang ada, dan epistemologi, pertanyaan mendasar tentang bagaimana kita mengetahui sesuatu.

Di sisi lain dari perpecahan adalah pertanyaan yang saya sebut pertanyaan normatif, pertanyaan tentang nilai, dan segmen filsafat itu memiliki tiga bagian utama. Salah satunya, filsafat estetika, berkaitan dengan pertanyaan tentang apa yang indah dan apa yang membuatnya begitu. Bagian kedua dari pembagian filsafat itu, filsafat moral, menanyakan apa yang secara moral benar atau baik, dan bagian ketiga dari pembagian filsafat itu, filsafat politik, menanyakan bagaimana masyarakat harus disusun untuk memungkinkan perkembangan manusia, dan apa yang membuat struktur sosial menjadi sah. .

filsafat politik

Oleh Hans

Author: Raymond Lopez